Senin, 17 November 2008

Talas sampe ke jepang

Saudara-saudara, jangan bingung cari lahan bisnis baru. Mari kita tanam talas sebanyak-banyaknya karena, pasarnya masih terbuka lebar di Jepang.
Diberitakan, bahwa satoimo (talas) yang merupakan salah satu komoditas makanan daerah tropis bakal menjadi primadona ekspor baru Indonesia. Konsorsium Satoimo Indonesia-Jepang yang dibentuk atas inisiatif Kadin Indonesia Komite Jepang, telah melakukan ekspor perdana setelah persiapan selama tiga tahun. “Setiap bulan akan diekspor 25 ton satoimo yang oleh pembeli, Global Seafood Limited, akan langsung dimasukkan ke supermarket-supermarket di Jepang,” ujar Ariful Y. Hidayat. Ketua Konsorsium Satoimo Indonesia-Jepang. Demikian dilaporkan CPAS, beberapa waktu lalu. Berita ini tentu saja mengingatkan kembali orang akan nilai ekonomis talas yang selama ini kurang serius dilirik Indonesia, padahal potensinya sangat besar dan hampir semua wilayah di Indonesia , talas agak mudah dibudidayakan.

Talas merupakan tanaman pangan yang bersifat menahun. Dilihat dari asal muasalnya, talas yang mempunyai nama lain Taro, Old cocoyam, Dash(e)en, dan Eddo(e) ini berasal dari Asia Tenggara, yang lalu menyebar ke Cina dan Jepang. Lantas, kembali lagi ke Asia Tenggara dan beberapa pulau di Samudra Pasifik.

Di Indonesia, tanaman yang di beberapa negara dikenal dengan nama Abalong (Filipina), Taioba (Brazil), Arvi (India), Keladi (Malaysia), Satoimo (Jepang), Tayoba (Spanyol), dan Yu-tao (Cina) ini, bisa dijumpai hampir di seluruh kepulauan dan tersebar dari tepi pantai sampai pegunungan yang terletak 1000m di atas permukaan laut (sumber lain mengatakan 1.300 m di atas permukaan laut, red.) baik liar maupun dibudidayakan.

Bogor dan Malang merupakan kota-kota yang “ditunjuk” untuk “mengembangbiakkan” talas. Berbagai jenis talas terdapat di Kota Hujan ini, seperti talas sutera, talas bentul, talas ketan, talas paris, talas loma, talas pandan, dan talas lampung. Di sini juga dapat dijumpai talas mentega atau talas gambir atau talas hideung. Perlu diketahui, selain talas-talas yang telah disebutkan di atas, juga terdapat talas yang biasanya tidak dikonsumsi karena rasanya tidak enak atau gatal, seperti talas bolang. Selain itu, juga talas sente yang lebih sering digunakan untuk pajangan, sedangkan daunnya lebih banyak dipakai untuk makanan ikan. Sekadar informasi, berdasarkan data yang diperoleh, jumlah total produksi talas pada 1999 di Bogor mencapai 17.699 ton/tahun.

Secara komersial, talas bentul merupakan talas yang paling banyak dibudidayakan di kota ini. Sebab, talas yang rasa umbinya enak dan pulen ini, sangat cocok bila digoreng atau dibuat keripik dan hasil panennya banyak. Di samping itu juga talas loma. Budidaya talas loma dan diversifikasi produk olahannya, telah dilakukan oleh Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB), sebagai pelaksanaan kegiatan Iptekda LIPI dengan memperbanyak bibit loma secara cepat dan massal.

Beberapa hal yang perlu diketahui bahwa untuk membudidayakan talas yaitu lingkungannya harus bersuhu 21° C–27° C, dengan kelembaban udara 50%–90%, adanya sinar matahari langsung, dan curah hujan 2.000 mm/tahun. Pada kondisi optimal, hasil produksi komoditi andalan Kota Bogor ini dapat mencapai 10 ton/hektar. Di sisi lain, talas gampang ditanam di hampir semua jenis tanah dan juga dapat ditumpangsarikan.

Di samping dikonsumsi sebagai makanan pokok dan makanan tambahan karena mengandung karbohidrat tinggi, protein, lemak, dan vitamin, tanaman yang mengandung asam perusi atau asam biru ini, juga memiliki nilai ekonomi tinggi. Ambil contoh, umbi dan pelepah daunnya bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan, obat, dan pembungkus. Daun, sisa umbi, dan kulit umbinya dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak dan ikan secara langsung maupun setelah difermentasikan. Di luar itu semua, karena mampu tumbuh di lahan yang agak berair sampai dengan lahan kering, tanaman ini bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan dan penghijauan.

IPB mengubah talas menjadi produk bernilai tambah yaitu dengan mengembangkan suatu formulasi makanan sarapan cepat saji dengan rasa cokelat dan vanila yang gurih dan lezat, dengan menggunakan metode pengeringan. Produk yang dihasilkan berbentuk remah-remah kering berwarna putih kekuningan. Penyajian produk tersebut dilakukan dengan penambahan air hangat.

Dalam perkembangannya, talas bukan lagi makanan kampung. Pasalnya, Amerika Serikat dan sejumlah negara Uni Eropa kian menggemari talas dalam bentuk tepung. Demikian pula dengan Jepang, yang selama ini kebutuhannya dipasok oleh Cina. Saat ini, di negara-negara tersebut telah muncul pasar keripik talas loma yang berasal dari Hawai. Kondisi ini membuat peluang kita untuk mengekspor keripik talas, cukup besar. Apalagi, budidaya talas mudah dilakukan dan tidak bersifat musiman.

Kembali ke peluang pasar tadi. Peluang ekspor talas semakin terbuka di jepang karena produksi satoimo di Jepang terus menurun akibat biaya produksi terus meningkat. Selain itu, juga karena faktor musim yang tidak memungkinkan petani Jepang menanam satoimo sepanjang tahun. Rahedi Soegeng, Direktur Eksekutif Konsorsium Satoimo Indonesia-Jepang, mengatakan,”Konsumsi satoimo di Jepang mencapai 3 kg per kapita/tahun. Dengan asumsi, penduduk Jepang sekitar 120 juta, sehingga kebutuhan satoimonya mencapai 360 ribu ton/tahun “, kata Soegeng. Sekadar informasi, sejak 1996, produksi satoimo terus menurun hingga 250 ribu ton. Akibatnya, ada kekurangan pasokan sebanyak 110 ribu ton, yang dipenuhi dengan mengimpor dari Cina yang mampu memasok 65 ribu ton/tahun. Berkaitan dengan itu, masih ada peluang bagi Indonesia untuk memenuhi kebutuhan itu sebanyak 45 ribu ton.

Untuk memenuhi kebutuhan itu, Ariful menargetkan lahan satoimo seluas 70 hektar yang tersebar di berbagai daerah di Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah dengan melibatkan petani setempat. Pada 2007, diharapkan ladang satoimo dapat meningkat menjadi 1.000 hektar. “Dan, pada 2008 bisa meningkat menjadi 3.000 hektar sehingga bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Jepang,” katanya.

Bila satu hektar lahan satoimo, Ariful melanjutkan, dikerjakan oleh lima petani, maka jika target 3.000 hektar lahan dapat direalisasi, bisnis ini dapat menyerap 15 ribu petani. Itu belum termasuk kebutuhan tenaga kerja pengolahan yang mencapai 11.250 orang.

ANALISIS USAHA

Analisis budidaya talas dengan lahan seluas 400 m2
dalam satu musim tanam (7 bulan) di daerah Bogor
pada 1999 oleh Institut Pertanian Bogor (IPB):

A. Biaya produksi
1.Sewa lahan Rp200.000,-
2.Bibit: 5.000 batang @Rp150,- Rp250.000,-
3.Pupuk: Urea 10 kg @Rp1.500,- Rp 15.000,-
4.Pestisida: Pembasmi serangga 1 botol Rp 25.000,-
5.Peralatan: Cangkul Rp 20.000,-
6.Tenaga kerja: Mencangkul lahan 3 OH @Rp10.000,- Rp 30.000,-
Menanam bibit 2 OH @Rp10.000,- Rp 20.000,-
7.Panen dan pascapanen: Panen 2 OH @Rp10.000,- Rp 20.000,-

Jumlah Rp 580.000,-
B. Pendapatan: 5.000 batang @Rp200,- Rp1.000.000,-
C. Keuntungan Rp 420.000,-

0 komentar: