Jasa Cleaning Service ala MPM (PT Mitra Prima Mandiri)
Menurut Sumardi, General Manager PT MPM, untuk menghadapi persaingan di bidang jasa cleaning service, pertama harus mengetahui strategi mencari lahan. Dalam mencari lahan selain dibutuhkan marketing yang profesional, juga harus mengetahui seluk beluk mengenai jasa cleaning service.
Sedangkan di lapangan harus ada team Quality Control, dimana tugasnya adalah merawat dan mempertahankan lahan lahan yang sudah ada agar tidak direbut pihak pesaing lan.
Untuk menghindari complaint dari client client kita serta memaksimal kan kinerja, maka harus diberlakukan sistem penilaian kerja terhadap staf staf yang bekerja di lahan tersebut, ini berarti si penyewa jasa dengan team quality control harus berkerja sama menilai hasil kerja agar, si penyewa merasa mendapatkan yang terbaik dengan jasa yang disewa, termasuk juga dapat mendapatkan quick fix remedy dari masalah yang mungkin muncul selama jasa penyewaan cleaning ini berjalan.
PT Mitra Prima Mandiri, memulai usaha dengan hanya 46 Juta Rupiah untuk membeli peralatan seperti sapu, pengki, alat pel, kain lap, kemoceng, kanebo, mesin pel otomatis, peralatan toilet seperti sabun, karbol, pengharum ruangan dan lainnya. Barang supply ini harus selalu ada di tempat si penyewa agar proses pembersihan selalu optimal.
Modal Kembali dalam bisnis ini. dengan asumsi total nilai harga jual jasa per bulan berkisar Rp 59 juta dan sementara biaya operasional sekitar 46 juta, maka di perkirakan BEP modal akan kembali dalam sekitar 3,5 bulan
Pola kerja yang dilakukan adalah sistem kontrak, dimana jasa pembersihan dilaksanakan dahulu baru nanti dibayar, dengan sistem borongan
ANALISA FINANSIAL USAHA CLEANING SERVICE
-----------------------------------------------------------
A. Investasi
- Pembelian alat mesin Rp 18,000,000
- Pembelian material Rp 17,000,000
- Pembelian seragam karyawan Rp 8,000,000
- Pembelian bahan kimia Rp 1,000,000
- Biaya Kebutuhan Toilet Rp 2,000,000
-------------------
JUMLAH Rp 46,000,000
B. Harga Jual Jasa
Kontrak Jasa Cleaning Di Gedung Kantor 10 Lantai
( Kontrak 1 Bulan) Rp 58,832,000
C. Biaya Operasional
- Gaji Karyawan Rp 43,250,000
- Biaya Rutin Rp 400,000
- Lain Lain Rp 1,200,000
--------------------
Jumlah Rp 44,850,000
D. Laba Bersih
Rp 58,832,000 - Rp 44,850,000 = Rp 13,982,000
ROI alias Return On Investment approx 3,2 Bulan
Tahun ketiga
2 jam yang lalu
0 komentar:
Posting Komentar