Senin, 17 November 2008

bengkel

09-03-2006, 07:12 AM
Martin “ Jual Konsep” Bengkel Motor HiTech

Bengkel motor biasa saja, sebenarnya sudah bisa menguntungkan, di tengah semakin meningkatnya pemakai sepeda motor. Dengan sedikit tambahan investasi untuk peralatan high tech, maka derajad bengkel motor Anda sudah layak disejajarkan dengan bengkel besar milik Yamaha, Honda dan lain-lain.
Setiap bisnis pasti membutuhkan modal, tetapi tidak benar bila tanpa modal (uang) bisnis tidak dapat berjalan. Seperti dua sisi mata logam, kalimat tadi bisa terdengar bombastis oleh orang baru akan memulai membuka bisnis. Sebaliknya barangkali menjadi klise bagi yang telah malang-melintang dalam rimba dunia usaha. Kedua anggapan bisa jadi benar, tergantung dari sudut mana arah memandang.

Apa yang dijalankan oleh Hendry Martin, pengelola bengkel sepeda motor bernama Dysha Motor Sport, di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan boleh menjadi contoh, satu di antara sekian ribu orang yang membuka usaha tetapi tidak ingin pusing urusan modal investasi. “Saya gila motor sejak dari kelas tiga SMP, ikut berbagai balapan motorcross, road race dan sebagainya sampai berhenti tahun 2002,” ceritanya mengawali tentang latar belakang usaha bengkel tersebut.

Martin pertama kali membuka bengkel sepeda motor pada tahun 2003 dengan modal Rp 20 juta. “Saya katakan bengkel yang tidak ada isinya,” tukasnya. Disebutkan, dari modal sebesar itu Rp 5 juta digunakan untuk membeli kompressor dan peralatan bengkel. Sisanya adalah untuk melengkapi spare part dan aksesoris tetapi hanya yang bersifat fast-moving spare parts , alias barang cepat laku. Seperti kaca spion, sticker, pedal cover dan barang lain yang sifatnya pendukung estetika sebuah motor.

Dari pengalamannya tersebut, Martin memiliki keinginan mengembangkan bengkel motornya agar tidak sekadar sama seperti bengkel sepeda motor yang ada. Dengan latar belakang hobi berikut komunitas motor yang diikutinya, costumer yang datang ke bengkelnya kebanyakan adalah para anggota klub serta komunitas motor yang jumlahnya ribuan. Konsumen ini, selain jumlahnya bertambah banyak, juga layanan yang dibutuhkan tambah beragam. Dari sekedar, ganti oli hingga memodifikasi bentuk fisik motor.

Seiring membanjirnya konsumen, plus kecepatannya dalam menggarap kebutuhan klien membuat bengkelnya semakin kondang. Bengkel kecil miliknya akhirnya menempati urutan teratas dari beberapa bengkel yang direkomendasikan oleh klub-klub motor, seperti Tiger, Scorprio 150 CC, Ninja dan sebagainya. Saking ramainya konsumen, khusus pada hari Sabtu dan Minggu bengkelnya buka selama 24 jam. Ia pun laris manis diminta menjadi pembicara dalam event sepeda motor yang diselenggarakan oleh motor bike clubers .

Potensi pasar yang lebih besar sering diperolehnya jika melayani para pemilik dan penggemar motor besar. Buka apa-apa. Biasanya mereka –yang rata-rata berkantong tebal—meminta layanan yang aneh-aneh. Enaknya sekali datang para big bikers ini tidak segan-segan merogoh saku cukup dalam, bila memang merasa puas. “Ada yang mengerti mesin, ada yang tidak, dan kita ngomongnya selalu jujur karena long-term relationship yang dicari, sehingga pernah kita dibayar Rp 2 juta hanya untuk servis kecil,” kisahnya.

Kalau begini-begini terus, Martin beranggapan kelangsungan bisnisnya tetap terjaga. Apalagi kalau hanya sekedar cari makan. Dia bermimpi agar satu saat bengkelnya jadi besar. “Kemudian saya berkeinginan membuka bengkel yang bagus. Tetapi masalahnya saya tidak pegang duit, tetapi saya punya konsep,” ujarnya. “Besar” yang dimaksud Martin tentu saja relatif bagi banyak orang. Tetapi setidaknya dalam benaknya, bengkel motor itu dikatakan besar jika peralatan pendukungnya benar-benar yang high-tech . Itu berarti perlu invetasi untuk membeli peralatan yang dimaksud.

Terus, kalau sudah ada investasi untuk membeli peralatan, maka langkah selanjutnya adalah adalah memberikan layanan yang total kepada konsumen atau lazim disebut one stop service. “Fokusnya begitu orang datang servis motor, terus mereka menginginkan bikin costum macam-macam, semuanya bisa dikerjakan di bengkel tersebut. Kalau ada yang mau bubut kita punya mesin bubut, kalau mau dipres kita punya mesin pres, kalau ingin tes performance kita punya engine performance testing,” paparnya.

Namun pria kelahiran Padang ini mengatakan, bahwa dana yang mesti dikeluarkan buat semua hal di atas tidaklah sedikit. Ia memperkirakan modal pengadaan alat-alat mencapai Rp 500 juta, belum termasuk lahan. Sehingga total yang dibutuhkan kurang-lebih sebesar Rp 600 juta. Akhirnya untuk mewujudkan konsepnya itu, selama setahun dia menyusun road map secara detil termasuk mengenai bentuk pengembangan usaha nantinya. Sedangkan bengkel miliknya yang dia pergunakan sebagai semacam prototipe. Hasilnya, seorang rekannya sangat tertarik mendanai berapa pun modal yang dibutuhkannya dengan sistem bagi hasil.

Martin optimis, dibutuhkan waktu tidak terlalu lama untuk mencapai break event point. Dikatakan bahwa selama ini dengan sistem manual, seorang mekanik hanya dapat memegang satu buah motor. Sebaliknya dengan memakai injeksi mesin, alat tinggal dicolokkan ke mesin, kompressor lalu dihidupkan, akan bekerja otomatis dan selesai dalam waktu 15 menit. Sementara itu pula bisa ditinggal untuk menggarap motor yang lainnya. Bila dianggap waktu efektif satu hari rata-rata 6 jam saja, dengan memiliki 2 buah alat, berarti dalam setiap jam mampu menggarap 8 buah sepada motor. Jika saja tariff servis rata-rata dikenai Rp 60 ribu, maka diperoleh Rp 60 ribu X 8 X 6 = Rp 2,88 juta per hari, atau Rp 86,4 juta per bulan hanya dari pendapatan servis. Belum untuk jenis layanan yang lainnya serta penjualan spare part dan aksesorisnya. “Paling lama dua tahun, sudah balik modal” ucapnya yakin.

Ia juga menegaskan bahwa rencananya tidak berhenti sampai di situ. “Pada tahun 2007 nanti, kita targetkan sudah memiliki lemabaga R&D (Research and Development),” ungkapnya. Dengan layanan tersebut maka Dysha akan sanggup melayani apa pun keinginan costumer. Baik memenuhi permintaan segala macam bentuk modifikasi bentuk, akselerasi, atau pun sekedar memperbaiki kendaraan yang cacat karena kecelakaan sehingga bisa tampil utuh seperti kendaraan baru. “Termasuk melakukan produksi bermacam-macam bentuk tools dan sebagainya,” tambahnya.

Diakui Martin, bahwa gagasan tersebut belum sepenuhnya terlaksana. Minimal mengamati perkembangannya, ia yakin angin keberuntungan berada di pihaknya. “Pada saat ini saya sudah punya costumer tetap, saya telah memegang kepercayaan, dan pelanggan tidak bakal lari kalau kita tidak buat kesalahan,” tandasnya. Maka untuk menjaga loyalitas konsumen, selain layanan yang profesional juga melalui pendekatan personal. “Anggota club atau pun komunitas berjumlah ribuan, satu orang pelanggan akan mengajak teman-temannya yang lain,” kilahnya. Well begun is half done!

0 komentar: