Rabu, 19 November 2008

BENGKEL MOTOR

Apa saja yang diperlukan untuk membuka bengkel?

Pada periode Januari-Agustus 2008 penjualan sepeda motor telah mencapai angka sekitar 4,2 juta unit atau sekitar 70 persen dari proyeksi penjualan sepeda motor sepanjang tahun ini sekitar enam juta unit.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) Tahun 2005 penjualan sepeda motor mencapai 5.089.426 unit, atau naik sekitar 30% dibanding tahun 2004 yang mencapai 3.900.598 unit yang juga lebih tinggi dibandingkan tahun 2003 yang penjualannya mencapai 2.823.702 unit.

AISI memperkirakan pada 2010 penjualan sepeda motor akan menembus angka sekitar tujuh juta unit.

Ledakan populasi sepeda motor beberapa tahun terakhir telah memacu kebutuhan jasa pemeliharaan dan perbaikan. Di sisi lain, daya tampung bengkel resmi yang terbatas membuka peluang bagi calon wirausahawan baru untuk menggarap bisnis ini.

Sekarang pertanyaannya, apakah bisnis bengkel ini menguntungkan? Maka dengan yakin jawabannya IYA!!!

kiat-kiatnya gimana bisa sukses usaha bengkel motor :

1.
Lokasi

Lokasi sangat menentukan keberhasilan usaha bengkel, jadi carilah lokasi yang benar-benar rame bahkan kalo perlu dekati bengkel yang sudah ada tapi rame. Karena paling tidak bengkel anda dapat limpahan dari bengkel terdekat anda.
2.
Design ruangan

Sebisa mungkin tata ruang bengkel anda seperti bengkel resmi, kalo bisa ditambah supaya punya nilai lebih, seperti disediakan minuman, majalah, Koran dll
3. Apa saja yang diperlukan untuk membuka bengkel?

*
Yang utama pasti perlengkapan kunci, tools, meja kerja, gerinda, compressor, air gun dana yang perlu disiapkan sekitar Rp. 10.000.000. Apabila anda masih bingung banyak buku-buku tentang bengkel motor yang tersedia di pasaran yang bisa menjadi acuan anda. Atau lebih mantapnya punya teman orang bengkel yang senior, pasti dijamin anda sangat terbantu.
*
Siapkan piping system, seperti di bengkel-bengkel resmi. Untuk yang satu ini lumayan mahal bisa menghabiskan dana 10jt lebih untuk 5 pit, Tapi apabila anda bermodal cekak, piping system ini bisa diabaikan.
*
Ruang tunggu

Ciptakan ruang tunggu senyaman mungkin, sebab seperti anda ketaui service motor membutuhkan waktu yang cukup lama, jadi berikan tempat ruang tunggu bagi konsumen senyaman-nyamannya seperti TV, softdrink, Koran, majalah yang berhubungan motor/otomotif
*
Meja Receptionist, dilengkapi dengan computer, mengapa ? karena ini juga salah satu kunci utama keberhasilan juga, karena dengan keakuratan data yang masuk dan keluar kita bisa menggunakannya untuk analisa,baik itu untuk jumlah konsumen, spare part, hari apa yang paling rame dll
*
Sediakan kotak saran, karena bengkel ini termasuk jasa layanan public, kita tidak tau apa yang kurang pada pelayanan kita, jadi dengan kotak saran ini, kita akan terus memperbaiki layanan kita kepada konsumen
*
Spare Part
*
Bagi anda yang bermodal cekak, anda bisa belanja spare part yang fast moving, seperti kampas rem, kampas kopling, gear set, accu. Jangan yg susah lakunya, seperti Knalpot, Velg, dll. Tapi semua itu akan dapat berjalan dengan baik setelah kita menjalaninya, kita akan tau spare apa yang sering dicari dan yang jarang dicari
*
“Kalo mau usaha bengkel mesti paham tentang mesin” itu pemahaman yang salah. Yang paling penting dalam setiap usaha adalah bagaimana cara kita melihat peluang. Jadi cari 1 mekanik yang bagus dan yang lain cukup bisa servis ringan.
*
Cantumkan nama bengkel anda yang besar dan kasi nama yang mudah di ingat orang dan daftarkan bengkel anda jadi jaringan Spare Part resmi, Karena peluang menjadi jaringan spare part jauh lebih mudah daripada servis resmi. Plus kalo bisa Gandeng produk-produk oli
*
Sebagai patokan kalo bengkel di kota besar, diluar lokasi dan bangunan diperlukan dana sekitar Rp. 75 – 100 juta. Kalo di kabupaten sekitar Rp. 50 -75 Juta.
*
Masih terlalu besar dengan modal segitu, Gimana kalo membuka usaha “Spare part motor dan aksesoris saja ?” mungkin modalnya bisa lebih terjangkau.

4. Marketing

Berbicara tentang Marketing sangatlah menarik dan menantang, sebab Marketing mempunyai tujuan, bagaimana mendatangkan pembeli sebanyak mungkin dan secara kontinu. Bagaimana supaya hal itu terwujud, prinsipnya yaitu “win win solution” sama sama untung, pembeli untung dan penjual juga untung.

Misal : berikan selalu penawaran yang menarik, seperti : service 3x Gratis 1x, Garansi service, Jaminan Spare Part Asli.

0 komentar: