Kamis, 30 Oktober 2008

Kenali Pikiran Tukang Kredit he2

Sering kita menjumpai pertanyaan seperti ini : kredit ini syaratnya apa ya?, kredit itu syaratnya harus bagaimana ya? Sejatinya jawabannya tidak banyak. jawabannya adalah syarat kredit adalah semua sama. Biarpun kredit itu nilainya miliaran rupiah, ataupun hanya jutaan rupiah penilaiannya juga tetap sama dan syaratnya sama. Kredit program atau kredit komersiil juga sama, hanya beda di treatment dan adjustment saja. Intinya 5c kita dapat memberikan rasa nyaman buat analis bank. Makanya kebanyakan karyawan bank lebih suka memproses pembiayaan atau kredit yang nilai nominalnya lebih besar. Selain capeknya sama, pusingnya sama, target pencairan kredit dan target laba lebih cepat tercapai bila nominal besar didahulukan.

Dibawah ini saya coba berikan link bagi teman-teman yang ingin tahu seperti apa sih kertas kerja penilaian pengajuan kredit disebuah bank. Saya pikir berguna buat calon debitur baru bank, pelamar pekerjaan di bank, pindah posisi di Analis kredit, atau sekedar ingin tahu saja.

Silahkan didownload disini :

Nah setelah lihat kertas kerja diatas, jadi ngerti kan isi kepala tukang kredit? hehehe… Ini ada contohnya bila pengin sedikit tahu, klik disini. Tentunya cara menganalisanya ya tidak persis plek seperti acuan diatas, hal ini tergantung mood, style, dan mungkin untuk usulan kredit UKM ya ada sebagian yang tidak digunakan. Tergantung kebutuhan saja.

0 komentar: